August 16, 2017
Breaking News
Home » Liga Spanyol » Statistik: Messi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah La Liga, Ronaldo Nomor 17
Statistik: Messi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah La Liga, Ronaldo Nomor 17

Statistik: Messi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah La Liga, Ronaldo Nomor 17





Jakarta – Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah Liga Spanyol. Dia menang atas legenda-legenda La Liga lain, termasuk Raul Gonzales dan Cristiano Ronaldo.

Demikian laporan yang dirilis oleh Statistical Investigations of Spanish Football (CIHEFE), sebagaimana dikutip dari Marca. CIHEFE merilis daftar pemain terbaik La Liga sepanjang masa yang berjumlah 300 pemain.

Messi berada di peringkat teratas mengalahkan ikon Real Madrid, Raul Gonzales, yang berada di peringkat dua. Berurutan di belakangnya adalah Cesar Rodriguez, Telmo Zarra dan Enrique Castro ‘Quini’.

Daftar tersebut disusun berdasarkan beberapa kriteria, misalnya jumlah menit bermain setiap musim, gol yang dibuat dari open play, tendangan penalti, gol bunuh diri, dan kartu merah yang diterima. Ronaldo, yang kontemporer bergabung di Madrid pada 2009, berada di peringkat 17 dalam daftar tersebut.

“Evaluasi yang dilakukan terhadap seluruh pemain menggunakan sistem penilaian yang sederhana dan seragam. Itu membuat evaluasi pemain dilakukan dengan analisa yang sama pada setiap musim,” ungkap Jose Antonio Ortega, sebagai peneliti dari CIHEFE.

Sejak La Liga pertama dimulai pada 1929, tercatat ada 9.280 pemain yang merumput di kompetisi itu. Termasuk 854 pemain berposisi sebagai penjaga gawang.

Messi berada di peringkat teratas atas beragam alasan. Salah satunya karena jumlah golnya yang berjumlah 349. Messi menjadi satu-satunya pemain dengan jumlah gol di atas 300 di La Liga.

Messi mengumpulkan total poin 545, menang atas Raul Raul (528), Cesar Rodriguez (524), Telmo Zarra (493) dan Enrique Castro (488). Menggenapi peringkat 10 besar adalah Juan Arza (481), Alfredo Di Stefano (481), Paco Gento (467), Carlos Alonso ‘Santillana’ (464) dan Guillermo Gorostiza (454).

Ronaldo yang berada di peringkat 17 mengoleksi 415 poin.

(din/fem)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*