November 23, 2017
Breaking News
Home » Liga Inggris » Tangan Kanan Roman Abramovich Mundur dari The Blues

Tangan Kanan Roman Abramovich Mundur dari The Blues





London – The Blues trendi saja ditinggal Michael Emenalo. Direktur Teknik, yang juga bisa dibilang sebagai tangan kanan pemilik klub Roman Abramovich itu, mundur dari jabatannya.

The Blues mengonfirmasi kepergian Emenalo di situs resminya pada Senin (6/11/2017) waktu setempat. Dalam keterangannya, Emenalo mengucapkan terima kasih atas kebersamaannya yang sudah terjalin selama 10 tahun terakhir.

“Ini menjadi keputusan yang sangat sulit untuk diambil, tapi keputusan yang saya yakini tepat untuk saya, keluarga saya, dan juga klub,” ujar Emenalo.

Media-media Inggris seperti Telegraph dan The Guardian menyebut, Emenalo pergi lantaran The Blues gagal melakukan aktivitas transfer yang memuaskan pada musim panas lalu. Gagal mendatangkan Romelu Lukaku, Alex Sandro, dan Alex Oxlade-Chamberlain membuat manajer Antonio Conte dilaporkan bersitegang dengan direktur Marina Granovskaia. Emenalo yang tidak ingin terseret ke dalam pertikaian memilih mundur.

Emenalo pertama kali datang ke The Blues bersama manajer Avram Grant pada 2007. Awalnya ia menjabat sebagai kepala pencari bakat. Trendi setelah Ray Wilkins cabut pada 2010, ia mengisi peringkat asisten pelatih utama di bawah komando Carlo Ancelotti.

Setahun berselang, ia naik jabatan menjadi direktur teknik. Di tahun pertamanya, Emenalo sukses mendatangkan pemain macam Eden Hazard, Cesar Azpilicueta, Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, dan Lukaku–dua nama terakhir sudah pindah.

Kepiawaian Emenalo itu pun membuat Abramovich senang. Pada 2013 misalnya, ketika Emenalo meminta resign karena kedatangan Jose Mourinho, Abramovich memintanya bertahan.

Bahkan di balik keputusan The Blues merekrut Antonio Conte pada musim panas tahun lalu, juga ada campur tangan Emenalo. Conte pun menyampaikan salam perpisahannya kepada Emenalo.

“Saya amat menyesal melihat Emenalo meninggalkan The Blues, dan saya mengucapkan terima kasih kepadanya atas bantuan dan dukungannya sejak saya datang ke klub ini. Saya sangat menikmati bekerja bersamanya, kami merayakan gelar Premier League bersama Mei lalu dan saya harap yang terbaik untuknya di masa depan,” Conte mengatakan.

Selama 10 tahun terakhir, Emenalo pun berperan penting dalam kesuksesan The Blues meraih tiga gelar Premier League, Piala FA, Piala Liga, Liga Europa, serta Liga Champions.

(mfi/mfi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*